Kata Pengantar: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

Kata Pengantar: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya
Dalam menulis karya ilmiah, tersedia tidak benar satu bagian yang terdapat di bagian awal. Kata pengantar. Nah, sudi tahu Info perihal pengertian, langkah membuat, dan perumpamaan dari kata pengantar itu sendiri? Simak penjelasan selengkapnya di artikel tersebut ini.
Dalam penyusunan tugas makalah, buku, atau lebih dari satu karya tulis ilmiah lainnya, pada bagian awal tersedia yang dinamakan bersama dengan kata pengantar. Coba ngaku deh, siapa di antara kamu yang masih bingung dalam membawa dampak kata pengantar tersebut hayooo….
Nah, kamu yang terasa masih bingung dalam membawa dampak kata pengantar, cobalah liat artikel ini sampai selesai ya. Kenapa? Karena di artikel ini kami dapat bahas perihal pengertian, langkah membuat, sampai perumpamaan dari kata pengantar. Penasaran? Keep scroll ya guys…
Pengertian Kata Pengantar Contoh kata pengantar
Kata pengantar merupakan tidak benar satu bagian awal (pendahuluan) dari sebuah karya ilmiah. Umumnya, di dalam kata pengantar ini penulis mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak yang telah membantunya menyelesaikan karya tersebut. Selain itu tak jarang terhitung penulis berharap kritik dan petunjuk yang membangun guna penyempurnaan karya tulis yang dapat dibuat selanjutnya.
pengertian kata pengantar
Cara Membuat Kata Pengantar
Berhubung kata pengantar dalam sebuah karya tulis ilmiah itu umumnya hanya 1 halaman, maka kamu kudu sesuaikan isinya supaya tidak sangat panjang dan lebih berarti kala dibaca. Ada pun caranya, kamu kudu memperhatikan lebih dari satu poin tersebut ini:
Bagian Pembuka
Pada bagian pembuka, kata pengantar umumnya terdiri dari ucapan syukur serta terima kasih dari penulis. Ucapan syukur dan terima kasih tersebut ditujukan oleh penulis kepada Tuhan serta pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan karya tulis tersebut.
Penyampaian Isi
Kata pengantar terhitung mempunyai bagian isi nih teman-teman. Nah, di bagian isi itu tuh sebuah kata pengantar mengemukakan sedikit perihal Info karya tulisnya. Misal, kata pengantar dalam karya tulis ilmiah yang karya tulisnya berupa makalah penelitian, berarti isinya berupa  penyampaian deskripsi lazim dari makalah tersebut.
Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Contoh Konjungsi Temporal
Bagian Penutup
Nah, terkecuali di bagian penutup dari kata pengantar ini umumnya sih penulis mengemukakan permohonan maaf serta permohonan kritik dan petunjuk yang membangun. Permohonan maaf ini ditujukan ke pembaca sebab penulis terasa terkecuali karya tulis yang nantinya dibaca itu ternyata di bawah ekspektasi pembacanya. Lalu, penulis meminta kritik dan petunjuk yang membangun guna memperbaiki karya tulis selanjutnya yang dapat dibuat. Tidak lupa pada bagian akhir dituliskan tempat dan tanggal penyusunan karya tulis beserta nama penulis/penyusunnya.
cara membawa dampak kata pengantar
Contoh Kata Pengantar
Untuk lebih memudahkan kamu dalam tahu kata pengantar, tersebut perumpamaan kata pengantar dari karya tulis ilmiah.
Contoh Kata Pengantar 1
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami supaya kami bisa menyelesaikan makalah ilmiah perihal faedah Bank Sampah Bagi Lingkungan.
Tidak lupa terhitung kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah turut memberi tambahan kontribusi dalam penyusunan makalah ini. Tentunya makalah ini tidak dapat bisa maksimal terkecuali tidak mendapat perlindungan dari bermacam pihak.
Sebagai penyusun, kami tahu bahwa masih terdapat kekurangan baik dari penyusunan sampai tata bhs penyampaian dalam makalah ini. Oleh sebab itu, kami bersama dengan rendah hati menerika petunjuk dan kritik dari pembaca supaya kami bisa memperbaiki makalah ini.
Kami meminta semoga makalah yang kami susun ini memberi tambahan faedah dan terhitung gagasan untuk pembaca.
Jakarta, 28 Januari 2021
Penyusun
Contoh Kata Pengantar 2
Tiada kata-kata yang pantas penulis ucapkan terkecuali rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Disinfektan dari Bahan Pembersih Rumah Tangga”. Tidak lupa pula perlindungan baik secara materil dan nonmateril yang diberikan kepada penulis dalam penyusunan makalah ini. Oleh sebab itu, izinkan penulis mengucapkan rasa terima kasih kepada:
1. Bapak Fahri Abdillah, S.I.Kom.,M.Pd, selaku kepala sekolah blog Ruangguru yang memberi tambahan petunjuk dan kesempatan untuk menggunakan layanan laboratorium.
2. Ibu Hani Ammariah, S.Si., M.Pd, selaku guru pembimbing IPA Terapan yang memberi tambahan perlindungan dan petunjuk kepada penulis.
3. Ibu Shabrina Alfari, S.Hum., M.Pd selaku wali kelas penulis yang selamanya memberi tambahan motivasi dalam penyusunan makalah ini.
Penulis tahu bahwa makalah yang disusun ini masih belum sempurna. Oleh sebab itu, bersama dengan rendah hati penulis memohon kritik dan petunjuk yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan makalah ini.
Jakarta, 28 Januari 2021
Ratu Regina
Penjelasan perihal pengertian, langkah membuat, dan perumpamaan kata pengantar di atas telah cukup menunjang belum? Wah…kalau menurut kamu masih kurang dalam pembahasannya nih, cobalah tanya segera mirip kakak tutor di ruangles yuk. Kamu bisa tanya jawab secara khusus di sana. Pilih tutor favorit kamu sekarang dan tentukan jadwal studi cocok kebutuhanmu di ruangles.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *