Masjid Faisal Pakistan

Masjid Faisal terletak di Islamabad, Pakistan. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Shah Faisal. Itu selesai pada tahun 1986 dan dikatakan sangat besar dan unik dibandingkan dengan masjid lainnya. Masjid ini dibangun untuk menghormati Raja Faisal bin Abdul Aziz dari Arab Saudi. Raja Faisal bin Abdul Aziz menyarankan pembangunan masjid dan sebagian besar mendanai Keindahan Masjid Dunia masjid setelah kunjungan ke Pakistan. Masjid selalu dianggap sebagai masjid nasional Pakistan dan melambangkan harapan dan aspirasi bangsa.

Desain masjid diputuskan oleh kompetisi internasional dari tujuh belas negara peserta yang mengajukan empat puluh tiga proposal. Dari empat puluh tiga proposal, proposal arsitek Turki Vedat Dalokay dipilih. Desainnya dipilih pada 1969 setelah kompetisi. Usulannya adalah bahwa Kubah Masjid masjid dirancang dalam bentuk tenda Badui gurun. Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1976 dan selesai pada tahun 1986.

Masjid Faisal terletak di dataran tinggi dan memiliki latar belakang Bukit Margalla yang indah. Masjid ini terletak di ujung utara Faisal Avenue dan di ujung paling utara kota di kaki Bukit Margalla. Bukit Margella adalah kaki bukit paling barat Himalaya. Akibat posisi Masjid Faisal yang ditinggikan, pemandangan masjid dapat terlihat dari jarak bermil-mil baik siang maupun malam. Dari 1986 hingga 1993, Masjid Faisal adalah masjid terbesar di dunia.

Masjid ini tidak memiliki kubah normal seperti kebanyakan masjid sehingga memberikan tampilan yang unik. Masjid ini memiliki delapan segitiga miring yang membentuk atap, ditemukan di tenda Badui. Ini memiliki empat menara yang umum dalam arsitektur Turki.

Masjid ini sebelumnya memiliki universitas tetapi sekarang hanya memiliki perpustakaan, ruang kuliah, museum, dan kafe yang terakreditasi untuk universitas. Di aula utama tempat puncak tenda berbentuk seperti itu, ada marmer putih yang dihiasi dengan mosaik yang dibuat oleh seniman Pakistan Sadeqain. Di aula yang sama ada lampu gantung bergaya Turki yang indah.

Seluruh masjid dibangun di atas lahan seluas lima puluh empat ribu kaki persegi. Masjid ini dirancang untuk menampung hingga sepuluh ribu jemaah di ruang sholat utama, halamannya dapat menampung hingga empat puluh ribu orang, sementara pekarangannya dapat menampung hingga dua ratus ribu orang.

Di balik langit malam, Masjid Faisal tampak seperti kristal raksasa berkilauan yang berdiri dilindungi oleh empat menara penjaga. Keindahannya di malam hari sama indahnya di siang hari dengan matahari terbit memancarkan warna oranye dan kuning di langit yang memberikan masjid tampilan misterius magis.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *